Mau Backpacker Ke Pulau Menjangan, Bali. Ini Tipsnya :)

Snorkeling di Pulau Menjangan
Letak Pulau Menjangan itu berada di Bali, namun untuk menyebrang ke Pulau Menjangan tidak harus dari Bali tapi dari Banyuwangi pun bisa yaitu dari Pantai Grand Watudodol yang letaknya sekitar 2-3 Km dari pelabuhan Ketapang.

pantai Grand Watudodol
Di Pantai Grand Watu Dodol ini terdapat Pokdarwis bernama Bangsring Boat yang menyewakan Jasa kapal dan peralatan snorkeling di Menjangan. Tarifnya untuk satu orang sekitar Rp. 190.000,- sudah termasuk Jasa Kapal, kacamata snorkel, jaket keselamatan, air mineral selama di Pulau Menjangan dan makan siang. Namun untuk sekali berangkat, kapal harus terisi minimal 10 orang, jika tidak bisanya penyewa kapal akan dikenakan biaya lebih agar biaya penyebrangan 10 orang terpenuhi atau dari pihak Bangsring Boat mengusahakan membantu mencarikan tambahan (jika ada dan mau) sampai seat maksimal kapal 12 orang terpenuhi. Waktu menyebrang ke Pulau Menjangan dari Banyuwangi dilakukan mulai pagi hari.

Menuju Ke Pulau Menjangan
Cara untuk Ke Pulau Menjangan dari Jogja cukup banyak, Salah satunya kita bisa menaiki transportasi Kereta Sri Tanjung dari Stasiun Lempungan Jogja dengan Tujuan ke Stasiun Banyuwangi Baru. Kereta akan sampai Banyuwangi  malam hari. Untuk menunggu pagi kalian bisa menyewa penginapan atau homestay di sekitar stasiun atau Pelabuhan Ketapang banyak homestay murah meriah. Jika kalian yang ingin berkemah di Pantai Grand Watu Dodol bisa langsung menyewa jasa antar angkot yang ada di sekitar Stasiun (tarifnya tawar menawar terlebih dahulu).

Kereta Mutiara dari Surabaya ke Banyuwangi
Kalian yang dari Surabaya, Kalian bisa naik kereta Mutiara Timur Malam yang berangkat jam 10 malam dari Stasiun Gubeng dan sampai di Banyuwangi Baru jam 4.30 pagi. Dari Stasiun kalian bisa menyewa jasa angkot dan akan sampai di Pantai Grand Watu Dodol langsung menikmati Sunrise pertama di Pulau Jawa. Jika kalian memilih menaiki bis, ambilah Bis Jurusan ke Banyuwangi atau Bali yang lewat Situbondo dan mintalah turun di Pantai Watu Dodol.
Sunrise di Pantai Grand Watu Dodol
Booking Terlebih Dahulu
Jika kalian sudah memiliki waktu dan tanggal yang pasti untuk ke Pulau Menjangan, lebih baik segera pesan tiket transportasi ke sana (apalagi yang ke Pulau Menjangan Weekend atau hari libur). Segera pula melakukan pemesanan Kapal untuk penyebrangan ke Menjangan jika Jumlah kalian sudah 10 Orang maupun belum 10 orang. Jika belum 10 orang pihak dari akan membantu mencarikan agar seat minimal 10 orang kapal terpenuhi (jika ada dan mau).

Peralatan dan Pelengkapan yang perlu dibawa.
Kalau kata anak yang kekinian, Pulau Menjangan adalah pulau yang Instagram-able. Jika kalian yang ingin mengabadikan perjalanan di Pulau Menjangan, Kamera atau Kamera Video adalah peralatan yang perlu dibawa, terutama kamera underwater. Baju ganti juga diperlukan terutama baju rapid an sopan jika kalian yang ingin melihat-lihat Pura Ganesha yang ada di Pinggir Pulau Menjangan. Bawalah bekal makanan yang cukup karena di Pulau Menjangan tidak ada yang menjual makanan dan sampah dari makanan yang di bawa di bawa kembali, lalu di buang di tempat semestinya. Bawalah Drybag untuk melindungi Pakaian, Peralatan Elektronik, Makanan yang kita bawa tidak basah.

Pulau Menjangan di Depan Mata :D
Catatan Kecil
Tetap pakailah jaket keselamatan selama kalian berada di laut, tetap tenang dan tidak heboh di atas kapal karena bisa membahayakan teman-teman yang lain, karena pengalaman ke Menjangan kemarin kapal hampir nyaris terbalik, untung hanya sempat 90 bukan 180 hehe :D. Pulau Menjangan adalah kawasan Taman Nasional, Jagalah kelestarian alam, tidak memberi makan satwa liar dan merusak apapun yang ada disana.

Salam Pejalan :)

Spesial thx buat blogger Pena Berjalan udah diajak kemari:D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan tentang MA-11 Atau Microbacter Alfaafa-11

9 Tempat Mandi Seru Dengan Suasana Alam Di Banyuwangi

Kesenian Mencak Sumping, Dusun Mondoluko Dan Kisah Dunia Persilatan Di Kabupaten Banyuwangi