Extrak kulit nanas sebagai pupuk organic cair untuk tanaman

Extrak kulit nanas sebagai pupuk organic cair untuk tanaman
Ada sahabat Inspirasi Pertanian yang bertanya tentangbagaimana memanfaatkan kulit nanas sebagai pupuk organic, sebenarnya sudah banyak sekali yang telah membuat tulisan tentang bagaimana membuat pupuk organic cair ini dengan menggunakan kulit nanas namun berhubung ada yang bertanya di Fanpage Inspirasi pertanian saya akan ulas persoalan ini di Blog Inspirasi pertanian di harapkan artikel akan bisa tersimpan rapih nantinya bila ada yang bertanya lagi bisa dengan mudah di cari kembali.


Sebenarnya sebelumnya kami pernah juga membahas cara ini pada materi  Cara Pembuatan Pupuk Cair Organik Praktis dan prosesnya tidak jauh berbeda

Bagi sebagian orang mungkin yang tidak tahu fungsi dari pada kulit nanas akan langsung di buang saja namun seberanya kulit nanas atau buah nanas yang telah membusuk bisa di manfaatkan sebagai pupuk organic cair yang tentunya sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman.

Lalu bagaimana cara pembuatan kulit nanas sebagai pupuk organic cair ?

Berikut ini adalah penjelasan singkat dari pembuatan kulit nanas yang harus di perhatikan agar mudah mempraktekanya :

Alat dan Bahan

1. Drum plastic yang ada tutupnya
2. Selang
3. Air sabun
4. drigen Kecil
5. Buah atau kulit nanas
6. Gula merah
7. Air Cucian beras
8. Air kelapa

Pembuatan Pupuk

Yang pertama kali kita lakukan adalah dengan memasukkan seluruh kulit nanas atau buah nanas ke dalam tong drum plastic yang sudah kita persiapkan sebelumnya, ingat drum harus memiliki tutup lalu tambahkan gula merah , air cucian beras dan air kelapa.

Kemidian setelah semua tercampur menjadi satu aduk semua bahan-bahan hingga benar-benar merata dan kemudian  tutup dengan menggunakan penutup drum platik tersebut.
Pembuatan cairan basa

Fungsi cairan basa sendiri adalah sebagai penetral cairan asam yang terdapat pada cairan yang kita buat sebelumnya, dalam proses pembuatannya cukup mudah yaitu dengan mencampur saja sabung dengan air bersih dan di masukkan ke dalam drigen kecil dengan ukuran 3 liter air bila drum cairan pupuk terisi penuh.

Lalu pada tahap akhir yaitu dengan menghubungkan selang antara cairan yang berada pada drum dan di sambungkan dengan larutan basa yang telah kita buat sebelumnya.

Yaitu dengan melubangi bagian tutup drum lalu masukkan selang jangan sampai menempel ke cairan pupuk lalu pada ujung yang lain masukkan selang ke dalam cairan basa yang telah kita buat.

Proses ini berlangsung sekitar 15- 20 hari dan jangan lupa selalu membuka drum setiap hari agar gas yang terdapat di dalam drum bisa terbuang.


Pupuk yang di hasilkan dari kulit nanas ini sangat berguna untuk berbagai jenis tanaman seperti sayuran selada, kacang dan berbagai jenis sayuran lainnya. Setelah proses pembuatan selesai di lakukan kita bisa menyaringnya dengan memisahkan antara ampas kulit nanas dan extrak kulit nanas tersebut, extrak kulit nanas bisa di semprotkan dengan menggunakan tambahan air ke bagian tanaman sedangkan ampasnya bisa di jadikan pupuk kompos padat yang bisa di taburkan pada tanaman sayuran. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan tentang MA-11 Atau Microbacter Alfaafa-11

9 Tempat Mandi Seru Dengan Suasana Alam Di Banyuwangi

Kesenian Mencak Sumping, Dusun Mondoluko Dan Kisah Dunia Persilatan Di Kabupaten Banyuwangi